Headlines News :
Selamat Datang di MTs Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara Jawa Tengah "Beramal Ilmiah, Berilmu Amaliah"
Home » » Lisus Terjang Dua Desa

Lisus Terjang Dua Desa

Written By MTs Maftahul Falah on Wednesday, 11 January 2012 | 09:28

JEPARA - Desa Bondo, Kecamatan Bangsri dan Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Jepara diterjang angin lisus Selasa (10/1) tengah malam. Berdasarkan keterangan yang terhimpun, lisus menyapu Desa Karanggondang, baru kemudian menuju ke area Desa Bondo.

Akibat kejadian itu, puluhan rumah rusak dan dua orang terluka akibat tertimpa reruntuhan atap rumah. Dua orang terluka dalam peristiwa itu adalah Munarti (35), warga RT 5 RW 6, Desa Karanggondang dan putranya, Yakob Bagus (15). Mereka terluka karena rumahnya terimpa pohon randu.


’’Saya luka di kepala dengan dua jahitan. Anak saya luka di kaki kiri. Pada saat tengah malam itu juga saya langsung dibawa ke Puskesmas Mlonggo,’’ ujar Munarti, kemarin.

Dia menyebutkan, itu terjadi karena saat tidur di kamar sisi barat dan pohon itu jatuh tepat di atap kamar. Munarti yang sedang tidur bersama anaknya tak mampu merespons cepat untuk menghindar.

’’Bersyukur anak saya yang kecil, Hana Cantika (4,5), yang tidur bersama saya tidak terluka,’’ tuturnya.

Selain terluka, kondisi rumah Munarti juga mengalami kerusakan paling parah. Bagian atap tengah rumah ambrol dan pohon baru bisa diangkat oleh sukarelawan dan warga hingga siang kemarin. ’’Kerugian total diperkirakan Rp 6 juta,’’ ucapnya.

Kerusakan Atap

Kerusakan lain di Desa Karanggondang adalah empat rumah dan satu mushala yang tersebar di RT 5 RW 6, RT 5, 7 RW 3, RT 5 RW 1, dan RT 6 RW 4. Menurut Kepala Desa Karang­gon­dang Markadi, kerugian sekitar Rp 16 juta.

’’Yang paling parah memang di rumah Munarti, untuk yang lain kerusakan atap,’’ ucapnya.

Adapun kerusakan di Desa Bondo terdiri atas 59 rumah di wilayah RT 1, 2, 3 RW 4, RT 1 RW 6, RT 1, 4 RW 7, dan RT 1, 4 RW 8. Kerugian diperkirakan Rp 29,5 juta berdasarkan perhitungan rata-rata per rumah Rp 500.000. ’’Kebanyakan hanya rusak atap,’’ ujar Bambang, petinggi Desa Bondo.

Prio Santoso, warga RT 2 RW 4, Desa Bondo, menuturkan, angin besar terdengar sekitar pukul 02.00. Setelah itu, warga baru mengetahui angin itu telah merusak rumah mereka pada keesokan paginya.

’’Suaranya keras dari barat. Hal ini pernah terjadi sekitar empat tahun lalu,’’ tutur dia.

Pada kesempatan itu, personel TNI, kepolisian, sukarelawan dari SAR Jepara dan Jepara Rescue ikut membantu. Bupati Hendro Martojo juga langsung meninjau dengan memberikan sejumlah bantuan kepada para korban. (H75-57)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MTs Maftahul Falah Jepara - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Muhammad Evans Nur Salim