Headlines News :
Selamat Datang di MTs Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara Jawa Tengah "Beramal Ilmiah, Berilmu Amaliah"
Home » » Tips Lulus Ujian Nasional | Strategi UN 2012

Tips Lulus Ujian Nasional | Strategi UN 2012

Written By MTs Maftahul Falah on Monday, 12 March 2012 | 09:47

Ujian Nasional (UN) merupakan ajang unjuk kemampuan diri. Saat itulah hasil belajar Anda dievaluasi. Janganlah Anda grogi apalagi takut saat menghadapi UN. Berikut ini beberapa strategi dalam menghadapi UN agar bisa sukses dengan sangat memuaskan. 
Tips Sukses Ujian Nasional
Ujian Nasional 201 akan dilaksanakan April mendatang untuk Sekolah Menengah atas dan pada Bulan Mei untuk tingkat sekolah dasar. Untuk menghadapi UN 2012 ini ada baiknya anda mempersiapkan diri dengan matang walaupun kelulusan Ujian Nasional 2012 ini tidak sepenuhnya tergantung dari hasil jawaban Soal UN. Berikut ini beberapa Tips Lulus Ujian Nasional 

Berdoalah kepada Tuhan

Setiap keberhasilan karena adanya campur tangan dari Tuhan, oleh karena itu berdoalah agar diberi kemudahan dalam menghadapi UN.

Mohon restu kepada Orang Tua

Jadikan UN sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada kedua orang tua Anda tercinta, oleh karena itu mintalah restu kepada orang tua sebelum UN, agar diberi kemudahan dan kelancaran.

Perbanyak Latihan Soal

Berlatih mengerjakan soal akan membuat Anda terbiasa menghadapi beragam soal. Dengan sering berlatih, penguasaan Anda terhadap materi semakin baik. Berlatihlah dengan serius dan sungguh-sungguh.Anda nanti tidak akan cemas dan grogi dalam menghadapi soal UN yang sesungguhnya. lihat Arsip Soal Try Out UN SMA 2102Soal Try Out UN SMP 2102 dan Soal Try Out UASBN SD 2102

Belajar Kelompok

Dengan belajar kelompok, Anda dapat berbagi dengan teman lainnya dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar.

Biasakan bersikap Jujur dan Sportif

UN merupakan ajang yang yang sangat bergengsi, maka tidak heran jika ada yang melakukan tindakan tidak terpuji dalam pelaksanaan UN. Misalnya memberikan bocoran baik soal maupun jawaban, ataupun melakukan kecurangan lainnya saat UN. Hindari tindakan-tindakan seperti ini.

Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam

Belajarlah jauh-jauh hari sebelum UN tiba. Jangan menggunakan Sistem Kebut Semalam yaitu belajar keras saat UN sudah dekat.Justru pada hari-hari menjelang pelaksanaan UN, badan dan pikiran Anda harus fresh dan rileks. Jaga kondisi tubuh Anda dengan makan makanan yang sehat dan bergizi dan beristirahatlah yang cukup.

Hindari Kegiatan yang bisa mengganggu Konsentrasi Belajar

Untuk sementara waktu tinggalkan dulu kegiatan kesenangan/hobi Anda yang bisa mengganggu konsentrasi belajar seperti : bermain play station, chatting di internet dan atau menonton televisi.

Lengkapilah Peralatan

Untuk mengindari kerusakan pada LJK Anda, Anda harus mempersiapkan peralatan untuk mengerjakan UN misalnya : Menggunakan Alas LJ, Memilih Karet Penghapus yang baik, memakai Penggaris yang bermal dan menggunakan pensil 2B yang baik dan standar UN.
Dengan Strategi Lulus UN tersebut diatas, Anda dapat dipastikan akan menguasai dengan baik secara teknis dan non teknis dan akan mampu mengerjakan berbagai jenis soal UN dengan maksimal dengan hasil yang membanggakan baik untuk Anda, Orang Tua, Sekolah serta Bangsa Indonesia pada umumnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MTs Maftahul Falah Jepara - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Muhammad Evans Nur Salim