Headlines News :
Selamat Datang di MTs Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara Jawa Tengah "Beramal Ilmiah, Berilmu Amaliah"
Home » » Cara Membuat Postingan

Cara Membuat Postingan

Written By MTs Maftahul Falah on Saturday, 12 November 2011 | 17:16

Postingan kali ini membahas tentang tatacara memosting di blogger.com. Sekilas pengertian me-mosting adalah, sama halnya kita menulis sesuatu baik itu berupa cerita pendek, puisi, pantun, dan sebagainya, yang bertujuan untuk membagi cerita, pengalaman, atau juga saling membagi-bagi ilmu, atau semuanya bisa kita singkat dengan istilah sharing. Berhubung memosting di blogger.com lain halnya dengan menulis di buku biasa, maka sebelum kita melakukan penge-post-an, kita harus mengetahui kegunaan dari masing-masing tool/ alat/ button/ tombol yang terpampang di elemen penge-post-an.


Apabila anda telah mengikuti urutan posting/ tutorial di blog ini, maka sebelumnya anda telah membaca dan memperaktekan "Panduan Mendaftar di Blogger.com", dan di akhir panduan tersebut anda telah menyelesaikan tahap pendaftaran, yang kemudian anda di bawa ke ruang pemostingan post. Adapun penjelasan mengenai halaman pemostingan, dapat kita simak bersama sebagai berikut:


Penjelasan:

1. Adalah Judul postingan anda nantinya.

2. Untuk mengatur ukuran besar/ kecilnya huruf.

3. b= Untuk membuat huruf tebal.

4. i= Untuk membuat huruf miring.

5. Mengatur Warna Huruf.

6. Untuk menyisipkan link/ hyper link, contoh: kata "tempat belajar blogger" kita sisipi dengan link http://t4belajarblogger.blogspot.com, maka jadinya seperti ini: "tempat belajar blogger"

7. Untuk mengatur rataan tulisan. Rata kiri, rata tengah, kanan, dan rata penuh.

8. Untuk membuat format nomor dan tanda, contoh: kata "saya" anda blok, lalu klik salah satu dari tool tersebut, maka akan menjadi seperti ini: "1. Saya" atau akan didahului oleh tanda kotak kecil.

9. Block Quote, bisa anda gunakan untuk menekankan sesuatu dengan maksud mengingatkan para pembaca bahwa itu penting atau sebagainya.

10. Untuk memeriksa ejaan.

11. Untuk menyisipkan gambar ke posting.

12. Untuk menyisipkan vidio ke posting.

13. Untuk menghpus format dari bidang pilihan.

14. Pratinjau, untuk melihat bagaimanakah tampilan postingan kita di blog kita nantinya (setelah kita publish). Atau biasa dengan istilah "preview"
15. Untuk mengisi label atau kategori postingan.

16. Tombol penyimpan postingan, apabila anda telah menulis suatu posting, lalu diakhiri dengan menekan tombol ini, maka postingan anda akan tersimpan di akun blogger anda dan tidak tampak di blog, sehingga orang lain/ publik tidak bisa melihat/ membacanya. Biasanya ini digunakan tatkala anda ingin menulis sesuatu namun memerlukan waktu yang relatif lama, maka anda dapat menyimpan hasil kerjaan anda untuk dilanjutkan kapan saja anda mau.

17. Terbitkan Entri: Apabila anda telah selesai menulis suatu posting, lalu ingin menerbitkannya di blog anda, maka anda bisa langsung meng-klik tombol ini, otomatis postingan anda bisa dilihat/ dibaca oleh orang lain.



Selanjutnya, karena kita telah mengetahui masing-masing dari kegunaan tool di atas, maka tahap selanjutnya adalah tahap yang paling penting, yaitu: Praktek.

Dalam tahap praktek ini, kita hanya memperaktekkan bagian-bagian penting. Seperti: Cara membuat posting berikut cara menyisipkan gambar, cara menyisipkan vidio, serta menyisipkan kode HTML atau script.

Dipostingkan Oleh : Muhammad Evans Nur Salim


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. MTs Maftahul Falah Jepara - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Muhammad Evans Nur Salim