Pelatihan
Implementasi Kurikulum 2013 telah selesai dilaksanakan, pemahaman
masing-masing instruktur nasional, guru inti,kepala sekolah dan guru
sasaran tidak semuanya sama. Beberapa persepsi yang berbeda mengalir di
sekolah masing-masing. Kondisi ini sedikit banyak menimbulkan beberapa
pertanyaan yang tidak bertepi dan dapat menjadi resistansi berkelanjutan
terhadap implementasi Kurikulum 2013. Dalam kesempatan ini saya mencoba
membuat resume atas beberapa pertanyaan yang berkembang selama ini,
dimana saya mulai dengan memberikan gambaran konsep inti Kurikulum 2013
diantaranya :
- Bahwa Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi
- Ranah sikap menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa”.
- Ranah keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu bagaimana”.
- Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu apa.”
- Dimana hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam
pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah
(scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi
mengamati, (Observing) menanya (Questioning), menalar (Associating) ,
mencoba (Experimenting) membentuk jejaring (Networking) untuk semua mata
pelajaran.
Dengan demikian Implementasi Kurikulum 2013 disekolah SMA/SMK yang
benar-benar murni menggunakan Kurikulum 2013 hanya 3 Mata Pelajaran
yaitu Matematika, Sejarah Indonesia dan Bahasa Indonesia. Selain ke 3
Mata Pelajaran tersebut sekolah MASIH TETAP menggunakan KTSP namun
dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) dan Integrasi Ke-3
Ranah..
Jadi yang perlu serius digarap oleh sekolah sekarang ini baik yang
menjadi sekolah sasaran atau tidak, adalah mengubah paradigm guru untuk
mengadopsi model pembelajaran menuju kearah penguatan sikap, ketrapilan
dan pengetahuan yang terintegrasi dengan Scientific Approach terhadap
mata pelajaran masing.-masing dengan mulai melakukan perubahan pada
Silabus dan RPP yang ada di KTSP serta mengimplementasikan dalam
pembelajaran di kelas.
Khusus untuk SMK, salah satu acuan baku yang bisa dipakai pegangan
dalam Implementasi Kurikulum 2013 adalah Permendikbud 70/2013 tentang
Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK/MA Kejuruan. Pada Permen ini
tertuang mata pelajaran dari Kelompok A, B dan C (C1). Masalah mulai
timbul, karena beberapa sekolah sudah harus menyusul Jadwal Pelajaran 1
Tahun, sedangkan Kelomok C2 dan C3 belum ada tertulis matapelajaran apa
yang harus diajarkan. Untuk diketahui Kelompok C (Peminatan) berisi C1
(Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Keahlian), C2 (Kelompok Mata
Pelajaran Dasar Program Keahlian) dan C3 (Kelompok Mata Pelajaran Paket
Keahlian). Khusus Kelompok C2 dan C3 akan ditetapkan oleh Direjn
Pendidikan Menengah.
Ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk menjadi solusi
dalam menyikapi belum keluarnya ketetapan untuk C2 dan C3, dari hasil
diklat Implementasi Kurikulum 2013, beberapa inovasi diberikan oleh
narasumber diantaranya, pertama sepanjang C2 dan C3 belum ditetapkan
maka sekolah dapat mengisinya dengan menggunakan matapelajaran produktif
dari KTSP, dan yang kedua adalah memberikan draft struktur yang memang
belum ditetapkan untuk dapat digunakan sebagai acuan penyusunan. Kedua
solusi itu bagus untuk mempercepat penyusunan jadwal namun mubasir dan
melelahkan (terutama perdebatan yang timbul saat penyusunan di tingkat
sekolah). Contohnya untuk solusi kedua, dimana dinamikan yang timbul
dari penentuan C2, sekarang ini telah ada penambahan mata pelajaran
Simulasi Digital 3 jam/minggu untuk klas X, sehingga draft yang ada juga
tidak bisa digunakan secara pasti sebelum ditetapkan oleh Dirjen
Pendidikan Menengah.
Alternatif yang terbaik adalah menuggu ketetapan yang akan
dikeluarkan, karena proses penyusunan sampai dengan silabus telah
dilaksanakan di P4TK dan sekarang ini tinggal finalisasi di Direktorat
PSMK. Sedangkan untuk menyiasati penyusunan jadwal, maka C3 tidak perlu
dibuat dulu, karena matapelajaran ini akan diajarkan Kelas XI, sedangkan
C2 dari 48 Jam yang diamanatkan, 30 jam telah ada ditetapkan mapelnya
sesuai dengan Pemendikbud 70/2013, tinggal 18 jam yang belum, dimana
dengan menggunakan sistem blok 18 jam ini mungkin bisa diletakan di
semester genap (semester 2). Untuk materi selain 3 mapel (bahasa
indonesia, sejarah indonesia dan metematika), materinya belum disusun
dan ditetapkan oleh kemendikbud, maka materi masih menggunakan KTSP
dengan perubahan paradigma pada model pembelajarannya yaitu Integrasi 3
ranah dan Scientific Approach.
Berikut Power Point Untuk Pendalaman Immplentasi Kurikulum 2013
No. | Kelompok | Mata Pelajaran | Materi | Unduh |
1. | Umum | Umum | Perubahan Mindeset ( Rhenald Kasali) | Unduh |
2. | Umum | Umum | Perubahan Minset | Unduh |
3. | Umum | Umum | Rasional Kurikulum 2013 | Unduh |
4. | Umum | Umum | Elemen Perubahan Kurikulum 2013 | Unduh |
5. | Umum | Umum | SKL KI-KD | Unduh |
6. | Umum | Umum | Strategi Implementasi Kurikulum | Unduh |
7. | Umum | Umum | Konsep Pendekatan Scientific | Unduh |
8. | Umum | Umum | Project Base Learning | Unduh |
9. | Umum | Umum | Problem Base Learning | Unduh |
10. | Umum | Umum | Discovery Learning | Unduh |
11. | Umum | Umum | Konsep Penilaian Autentik pada Proses dan Hasi | Unduh |
12. | Umum | Umum | Anaslisi Buku Guru dan Siswa Mapel | Unduh |
13. | Umum | Umum | Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik | Unduh |
14. | Umum | Umum | Rambu Rambu Penyusunan RPP | Unduh |
15. | Umum | Umum | Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik | Unduh |
16. | Umum | Umum | Panduan Tugas Telah RPP | Unduh |
17. | Umum | Umum | Panduan Tugas Analisis Rancangan Penilaian | Unduh |
18. | Umum | Umum | Strategi Pengamatan Tayangan Video | Unduh |
19. | Umum | Umum | Praktik Pembelajaran malalui peer Teaching | Unduh |
20. | SD | Tematik | Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu | Unduh |
21. | SD | Tematik | Implementasi Tematik Terpadu | Unduh |
22. | SD | Tematik | Contoh Implmentasi Pendekatan Scientific | Unduh |
23. | SD | Tematik | Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik | Unduh |
24. | SD | Tematik | Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik | Unduh |
25. | SMP | Bahasa Indonesia | Contoh Pendekatan Scientific Bahasa Indonesia | Unduh |
26. | SMP | Bahasa Indonesia | Contoh Penilaian Autentik Bahasa Indonesia | Unduh |
27. | SMP | Bahasa Indonesia | Konsep Pendekatan Scientific | Unduh |
28. | SMP | Bahasa Inggris | Konsep Pendekatan Scientific | Unduh |
29. | SMP | Bahasa Inggris | Konsep Penerapan Scientific | Unduh |
30. | SMP | Bahasa Inggris | Konsep Penilaian Autentik | Unduh |
31. | SMP | Bahasa Inggris | Contoh Penerapan | Unduh |
32. | SMP | IPA | Konsep Pembelajaran IPA Terpadu | Unduh |
33. | SMP | IPA | Peneapan Pendekatan Scientific | Unduh |
34. | SMP | IPA | Conoth Penerapan Penilaian Autentik | Unduh |
35. | SMP | IPS | Konsep IPS Terpadu | Unduh |
36. | SMP | IPS | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
37. | SMP | IPS | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
38. | SMP | Penjasorkes | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
39. | SMP | Penjasorkes | Contoh Penilaian Terpadu | Unduh |
40. | SMP | PPKN | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
41. | SMP | PPKN | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
42. | SMP | Prakarya | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
43. | SMP | Prakarya | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
44. | SMP | Seni Budaya | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
45. | SMP | Seni Budaya | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
46. | SMA | Bahasa Indonesia | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
47. | SMA | Bahasa Indonesia | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
48. | SMA | Matematika | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
49. | SMA | Matematika | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
50. | SMA | Sejarah | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
51. | SMA | Sejarah | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !