Update data Emis di semester genap tahun pelajaran
2016/2017 ini merupakan kelanjutan dari update data Emis pada semester ganjil
yang lalu. Artinya, pusat data emis menggunakan kembali data hasil entri emis
semester kemarin.
Data hasil semester ganjil tersebut dimunculkan
kembali di laman upload emis online (http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617).
Sehingga bagi lembaga yang pada semester ganjil kemarin telah mengupdate data
dengan benar (tidak ada yang keliru) dan tidak mengalami perubahan data, maka operator
RA/Madrasah tersebut cukup mengklik ulang tombol 'konfirmasi' di laman
emispendis.kemenag.go.id/emis1617.
Intinya akan ada dua kelompok lembaga dengan status
yang berbeda. Keduanya adalah :
1. Lembaga yang boleh langsung melakukan konfirmasi di
emis online
Lembaga yang harus melakukan update data mulai dari
awal, yakni mulai tahap pertama (entri Form Excel Emis), dilanjut tahap kedua,
hingga tahap ketiga (Upload dan Konfirmasi Emis)
2. Lembaga yang Boleh Langsung Konfirmasi
Lembaga
yang boleh langsung konfirmasi ini maksudnya adalah operator lembaga tersebut
boleh untuk tidak melakukan tahapan-tahapan update emis sebelumnya. Tidak perlu
melakukan entri data di Form Excel Emis, tidak perlu melakukan validasi
(backup) dengan Aplikasi Desktop Emis, bahkan tidak perlu melakukan upload
hasil backup emis.
Operator
cukup login di laman emispendis.kemenag.go.id/emis1617 kemudian mengklik tombol
"Konfirmasi". Ya, hanya mengklik tombol konfirmasi dan selesai.
RA dan
Madrasah yang boleh seperti itu adalah lembaga yang memenuhi kedua kriteria
berikut ini :
Data
semester genap sama dengan semester ganjil, alias tidak ada perubahan
Tidak
termasuk dalam daftar RA/Madrasah yang data emisnya terdeteksi salah oleh
sistem (sebagaimana daftar yang dirilis oleh Operator Kab/Kota).
Lembaga yang Harus Update Emis dari Awal
Kondisi berbeda harus dijalani oleh lembaga dengan
kriteria berikut ini :
Data
semester genap mengalami perubahan. Baik perubahan data lembaga, data siswa,
data lulusan, maupun data personal.
Termasuk
dalam daftar RA/Madrasah yang data emisnya terdeteksi salah oleh sistem
(sebagaimana daftar yang dirilis oleh Operator Kab/Kota)
Lembaga ini harus melakukan update data emis seperti biasa yaitu melewati tahapan-tahapan sebagai berikut :
1. Entri
offline melalui Form Excel Emis
2.
Validasi dan Backup dengan Aplikasi Destop Emis
3. Upload
Emis dan Konfirmasi data secara online
4. Upload Hanya Data yang Salah
Bagi
lembaga yang harus melakukan update data emis dari tahap awal (entri form
excel), saat melakukan upload file hasil validasi (backup) tidak harus
mengupload seluruh hasil backup. Cukup pada bagian yang salah atau berubah
saja.
Semisal
sebuah lembaga mengalami perubahan data siswa sedangkan data lainnya (data
lembaga, data personal, dan data lulusan) tidak berubah dan tidak salah, maka
yang diupload cukup file backup siswa saja.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !