Dalam rangka simpatika menunjang proses integrasi layanan presensi biometrik dari semua pihak. Maka layanan simpatika mengakomodir suatu fitur yang bertujuan untuk membuka proses integrasi layanan di simpatika dengan sistem di luar simpatika. Fitur layanan membuka integrasi simpatika ini dalam prosesnya dikhususkan bagi pengguna layanan simpatika, yang akan mencoba mengintegrasikan dengan sistem presensi biometriknya. Sehingga harapannya, sistem presensi biometriknya tersebut dapat langsung tersinkron data presensinya ke layanan simpatika. Kurang lebih nantinya proses penggunaan dan pembuatan kode aktivasi tersebut sebagaimana langkah-langkah berikut:
Absensi simpatika ada 2 cara
1. Menggunakan manual excel yang dilakukan oleh admin (kepala/operator) Baca Cara Absen manual dengan Excel
2. Menggunakan aplikasi masook oleh personal masing-masing dengan memakai android (HP)
Jadi ketika ada admin lupa, dan SKAKPT tidak terbit tidak semata kesalahan admin, tp guru juga kenapa tidak absen. Jadi, dg fitur ini harusnya guru yg absen dirinya sendiri, bukan yg mengabsenkan admin, meski admin bisa mengisikan
Adapun tata cara
membuat kode aktivasi tersebut di simpatikanya sebagaimana berikut:
1.
Silakan
login terlebih dahulu sebagai operator madrasah / kepala madrasah di suatu
madrasah naungan kementerian agama, yang sudah memiliki akun simpatika. Akses
dengan menuju ke halaman masuk simpatika
2.
Inputkan
username dan kata sandi operator madrasah Anda. Kemudian klik tombol Masuk
3. Jika sudah berhasil login. Maka selanjutnya klik menu Madrasah => Absensi => klik menu Daftar Token Aktivasi
4. Selanjutnya lakukan proses untuk pembuatan kode aktivasi baru. Lakukan dengan klik tombol (+) yang ada di sebelah kanan
6. Tuliskan
label/nama kode aktivasi tersebut yang akan dibuat. Pemberian label/nama secara bebas, Kemudian klik Simpan
7.
Selanjutnya
setelah kode aktivasi integrasi berhasil disimpan, akan muncul dalam listing
kode aktivasi yang telah dibuat
8.
Untuk
mengetahui kode aktivasinya tersebut. Silakan klik tombol opsi yang ada di
sebelah kanan
9.
Kemudian
pilih cetak
token
10.
Selanjutnya
akan muncul kode aktivasinya. Dimana kode aktivasi tersebutlah yang nantinya
digunakan untuk proses integrasi dengan layanan biometriknya. Sehingga ada
integrasi layanan antara Simpatika instansi Anda dengan layanan biometrik yang
akan Anda gunakan
11. Gunakan kode aktivasi tersebut. Untuk melakukan proses integrasi layanan simpatika Anda yaitu ke web masook simpatika
12.
Anda (sebagai
operator simpatika) bisa membuat dan mencetak lebih dari satu kode aktivasi
untuk berbagai layanan yang nantinya diintegrasikan dengan layanan simpatika
instansi Anda. Namun pastikan untuk proses integrasi dengan layanan simpatika
Anda. Anda menggunakan kode aktivasi integrasi yang statusnya aktif (hijau
artinya aktif) dan (merah artinya tidak aktif)
13.
Termasuk informasi kode aktivasi
tersebut, sudah digunakan untuk integrasi dengan layanan biometrik apa dan
kapan. Juga bisa dicek pada listing tersebut nantinya
Sumber : https://bantuan.masook.id/
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !